Rabu, 27 Agustus 2008

Linux semakin diminat

Linux pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa yang berasal dari Helsinki, Finlandia. Linus membuat Linux karena terinspirasi oleh Minix, sebuah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux,yaitu versi 0.02. Sampai saat ini Linux sudah berkembang sedemikian rupa dan mempunyai beberapa varian seperti Red Hat, atau Linux Sehat yang bisa anda download dari www.ictwatch.com.
Tampaknya penggunaan Linux semakin luas dan cepat. Bahkan menurut Michinori Nakahara, Direktur Pemasaran dan Penjualan Linux IBM Asia Pacific, perkembangan Linux di Asia jauh lebih cepat dibandingkan di negara-negara Barat. Nakahara menunjuk Jepang, Korea Selatan, Cina, dan India sebagai pendukung terkuat sistem operasi Linux dan melihat potensi yang sangat besar bagi penelitian dan pengembangan aplikasi bisnis berbasis Linux di kawasan ini.
Tentu tidak semua orang bisa langsung bermigrasi ke Linux. Bagi pengguna komputer yang hanya menggunakan komputer untuk fasilitas perkantoran seperti mengetik surat, penanganan database, atau akuntansi, bisa langsung bermigrasi menggunakan Linux. Anda bisa saja menggunakan Open Office atau Star Office sebagai pengganti Microsoft Office. Sementara sistem operasi berbasis Linux seperti Lindows sudah mempunyai aplikasi bawaan yang cukup lengkap. Dengan menginstall Lindows, Anda sudah dapat membuat CD, memutar lagu MP3, memutar VCD, bahkan anda juga bisa membaca file-file lama anda yang dibuat oleh Microsoft Office tanpa kesulitan.
Tapi jika anda pengguna komputer yang agak serius seperti desainer grafis, tentu masih harus berpikir lebih panjang untuk bermigrasi. Karena walaupun sudah ada program pengolah grafis di Linux, namun sangat jauh jika anda bandingkan dengan Adobe Photoshop misalnya. Walau begitu, masih ada solusi jika anda ingin menggunakan sistem operasi selain Windows. Sistem operasi Windows memang mempunyai kelebihan, yaitu dukungan dari pembuat software ternama seperti Adobe,Macromedia, dan lain-lain. Banyak games yang memang dibuat untuk Windows.
Resensi lain tentang Linux semakin diminati

Daftar Pustaka

oleh : handoyo

Diterbitkan di: Januari 19, 2008

Tidak ada komentar: